Cara Pasang Relay Klakson

Banyak diantara kita yang kurang puas dengan suara klakson bawaan engine/mobil yang kurang keras/lantang, atau juga lampu standar yang kurang terang atau berdaya kecil. Di toko aksesoris otomotif, banyak dijual klakson reseller's exchange yang suaranya bagus seperti Hella, BOSCH, dan lainnya.

Cara Pasang Relay Klakson tersebut membutuhkan daya yang cukup besar, sayangnya kabel yang terpasang pada klakson standar bawaan engine/mobil tidak dapat mengakomodasi kebutuhan daya tersebut. Malah bisa jadi saklar klakson tersebut akan cepat rusak karena setiap kali ditekan, akan mengeluarkan percik programming interface pada metal contact didalamnya yang lama kelamaan akan aus, bahkan plastik case nya akan meleleh. Begitu juga dengan pemasangan lampu yang berdaya lebih besar, akan berkasus sama dengan kasus di atas. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, kita membutuhkan bantuan komponen tambahan yaitu hand-off.


Cara Pasang Relay Klakson yang Baik

Hand-off adalah suatu komponen yang digunakan sebagai saklar penghubung/pemutus untuk arus beban yang cukup besar, dikontrol oleh sinyal listrik dengan arus yang kecil.

Dengan menggunakan hand-off, kabel yang menuju saklar tidak perlu kabel yang tebal, sebab arus yang terhubung ke saklar sangatlah kecil.

Cara Pasang Relay Klakson banyak hand-off yang beredar di pasaran, ada berbagai merek terkenal, dan banyak pula yang palsu. Saya sendiri lebih memilih untuk menggunakan hand-off bermerek BOSCH yang asli, begitu juga dengan attachment relaynya.

Berikut komponen yang diperlukan untuk untuk Cara Pasang Relay Klakson ini:

• Socket Relay merek Bosch + terminal konektornya.

• Relay Bosch 4 kaki" atau 5 kaki".

• Kabel tebal serabut measurement 5mm.(jika dibutuhkan)

• Selotip (jika dibutuhkan)

Cara Pasang

• Kaki Relay nomor 30 menuju Positif Accu (kabel harus tebal, langsung dari Accu).

• Kaki Relay nomor 87 menuju Positif Klakson (kabel ukuran tebal atau sedang).

• Kaki Relay nomor 85 menuju salah satu Kabel klakson (A)/kabel asli.

• Kaki Relay nomor 86 menuju salah satu Kabel klakson (B)/kabel asli.

• Kabel negatif klakson dihubungkan ke body engine (negatif/ground).

Note : untuk transfer 5 kaki. Kaki tengah arus listrik sama dengan nomor 87 transfer 4 kaki yaitu 1 menuju positif klakson kiri dan satunya menuju positi klakson kanan

Dikarenakan adanya perbedaan lokasi kaki transfer pada beberapa merek hand-off yang ada, harap perhatikan NOMOR kakinya, sebelum memasang!

Cara Pasang Relay Klakson yang Baik dan Benar


Semoga penjelasan Cara Pasang Relay Klakson di atas bisa mudah dimengerti, dan rekan-rekan bisa pasang sendiri klakson barunya. Rangkaian di atas sama penerapannya untuk pemasangan lampu tambahan atau merubah lampu ke daya yang lebih besar.

Manfaat yang didapat dengan menggunakan rangkaian transfer ini adalah:

- Klakson akan bersuara lebih keras/lantang atau lampu akan menyala lebih terang.

- Saklar klakson/lampu akan lebih awet.

0 Response to "Cara Pasang Relay Klakson"